"Maka Nikmat Tuhanmu yang Manakah yang Kamu Dustakan?" QS. Ar-Rahman:55

Friday, January 19, 2018

Sabar


S A  B A R

Sebuah sifat yang pasti dimiliki setiap manusia. Tapi tidak setiap waktu semua bisa  menerapkannya. Ketika ditimpa musibah pun kita pasti akan memunculkan sifat ini, sabar namanya. Namun ada sebagian orang yang justru mengabaikan sabar, ia lebih memilih marah-marah ketika ditimpa musibah.

Setiap insan pasti akan mengalami yang namanya ujian. Namanya hidup pasti ya ada ujian, kalau mau lepas dari ujian, mati saja. Haha. Ada senang ada susah, ada canda ada tawa, ada siang ada malam, ada pagi ada petang, ada laki-laki ada perempuan. Begitu juga ujian, pasti dibalik sebuah ujian itu ada kebahagiaan.

Sabar kuncinya. Apapun masalahnya, sabar. Nggak punya duit, sabar. Dan pastinya ya harus diiringi dengan do’a dan ikhtiar juga donk, jangan sabar aja di tempat terus tiba-tiba duit datang sendiri? Ya  nggak  bisa lah. Masak iya Allah bakal nurunin duit sedangkan kita duduk aja di kamar.

Bukankah sudah dijelaskan dalam Al-Qur’an tentang sabar. Yuuk baca ayatnya! (Senyum dulu)

“Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.” QS. Al-Baqarah :153

Tuuh kan, sudah jelas banget ayatnya dalam Al-Qur’an. Itu tuh yang ngasih petunjuk Allah loh ya. Jangan ragu deh, kalau Allah yang berfirman mah pasti nggak bakal sesat.

Kalau misal nilai ujianmu jelek lantas jangan menyalahkan Allah. Ya Allah aku sudah sholat 5 watu tepat waktu, aku sudah sholat tahajud, dhuha nggak pernah tertinggal, puasa Senin Kamis nggak pernah lupa, sedekah tiap hari. Kenapa ya Allah, kenapa nilaiku jelek.

Wah, berarti niatmu kudu dibenerin tuh. Luruskan niat. Niat ibadah karena Allah jangan karena biar dapat nilai bagus. Kalau ibadahnya sudah bener, otomatis apapun yang kamu minta pasti bakal Allah kasih. Tanpa meminta pun pasti Allah kasih, Allah itu mah tau apapun kebutuhan kita, keinginan kita.
Jadi kita ya harus sabar. Coba kita lihat bagaimana pola belajar kita selama ini. Bisa jadi kita kurang foklus ketika belajar. Ada gadget di samping kita, eh dikit-dikit buka HP, dikit-dikit buka Instagram, dikit-dikit buka youtube. Lalu kapan kita belajarnya? Waktunya belajarnya 15 menit, HPannya 2 jam. Gimana mau masuk ilmunya? Iya apa iya?

Lebih manteb lagi nih, ketika belajar disamping kita ada Al-Qur’an. Pernah nggak ngelakuin itu? Hayooo siapa aja yang pernah? Wah, Masyaa Allah banget tuh. Belajar, capek lalu buka Al-Qur’an. Setelah baca Al-Qur’an do’a sama Allah. Ya Allah, aku capek banget nih, ilmu yang ku pelajari nggak masuk-masuk. Tanamkan dalam pikiranku Ya Allah. Wuussh, nggak pake hitungan menit tuh, Allah pasti akan memudahkan kita untuk belajar.

Memang sih kadang-kadang ada rasa malas, tapi cobalah lakukan. Males itu anggap saja sebagai hiburan. Tapi ya jangan tiap hari males, itu mah namanya bukan lagi hiburan tapi penyakit.
Ingat ya semuanya. Masih ingatkan ayat di atas tadi? Baca lagi yuuk!!! (Senyum lagi yaa)

“Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.” QS. Al-Baqarah :153

Terima kasih semuanya, kalian telah membaca keseluruhan isi curhatanku. #Eh 

2 komentar:

© Seberkas Cahaya, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena